Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Terbaik Aplikasi Investasi Reksadana Di Indonesia

5 Terbaik Aplikasi Investasi Reksadana Di Indonesia
Investasi Reksadana di Indonesia masih belum begitu populer, tetapi banyak orang yang mengira bahwa ini adalah salah satu investasi yang paling menjanjikan. Bagaimana tidak? Reksadana adalah investasi yang memberi Anda akses ke berbagai macam instrumen investasi, di antaranya saham, komoditas, dan lain-lain.

Sekarang ini, Anda bisa dengan mudah menginvestasikan uang Anda di berbagai produk reksadana. Ada banyak aplikasi investasi reksadana yang tersedia di Indonesia, dan semakin banyak produk baru yang ditawarkan setiap harinya. Jika Anda belum memutuskan aplikasi mana yang akan Anda gunakan, berikut ini adalah daftar lima terbaik aplikasi investasi reksadana di Indonesia.

Apa Itu Reksadana?

Reksadana adalah salah satu jenis investasi dalam pasar modal yang tersedia di Indonesia. Reksadana merupakan bentuk investasi yang dikelola oleh manajer investasi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan tertentu.

Dalam memilih reksadana, Anda sebaiknya menyesuaikan dengan tujuan investasi, jangka waktu, dan risk profile Anda. Sebelum memulai investasi reksadana, sebaiknya Anda mencari tahu lebih dulu apa itu reksadana dan bagaimana mekanismenya.

Mengapa Investasi Di Reksadana?

Sebelum kita membahas mengenai aplikasi investasi reksadana, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengapa investasi reksadana begitu bagus dan populer di Indonesia?

Reksadana merupakan wadah untuk menghimpun dana dari para investor untuk kemudian diinvestasikan dalam berbagai instrumen investasi seperti saham, obligasi, deposito, serta instrumen pasar uang. Dalam reksadana ini, suatu perusahaan manajemen investasi akan bertindak sebagai manajer investasi yang akan melakukan pengelolaan investasi secara profesional.

Berinvestasi di reksadana memiliki sejumlah keuntungan, yaitu:

  • Anda tidak perlu repot memilih dan mengawasi instrumen investasinya karena sudah ada manajer investasi yang akan melakukannya.
  • Reksadana relatif lebih mudah dipahami dibandingkan dengan instrumen lain seperti saham.
  • Reksadana juga memberikan imbal balik (return) yang cukup bagus apabila dibandingkan dengan tabungan bank biasa.

5 Aplikasi Reksadana Terbaik Di Indonesia

Berikut adalah 5 Aplikasi Reksadana Terbaik Di Indonesia

Investree

Investree adalah aplikasi reksanada yang dikembangkan oleh PT. JARINGAN DATA UTAMA yang diperuntukan bagi calon investor yang ingin memiliki investasi seperti saham, obligasi, reksa dana dan lainnya. 

Investree bekerja sama dengan perusahaan broker atau agent dari berbagai lembaga keuangan seperti Perusahaan Umum, Perbankan, Swasta dan Lainnya. Investree merupakan aplikasi yang memberikan investasi tanpa modal (capital) di segment keuntungan tinggi dengan frekuensi investasi setiap hari.

Bibit

Bibit adalah aplikasi reksadana yang dikembangkan oleh PT Bibit Tumbuh Bersama. Aplikasi ini merupakan aplikasi reksadana yang berbasis teknologi mobile yang memungkinkan pemiliknya untuk mengakses reksadana seperti Reksa Dana dan Obligasi.

Bibit berperan sebagai penyedia layanan broker bagi calon investor yang ingin memiliki investasi seperti saham, obligasi, reksa dana dan lainnya. Bibit bekerja sama dengan perusahaan broker atau agent dari berbagai lembaga keuangan seperti Perusahaan Umum, Perbankan, Swasta dan Lainnya.

Investasi di Bibit bersifat dasar. Dengan demikian, setiap investor akan mendapatkan keuntungan dari pengelolaan pihak manajemen dan penyedia layanan broker.

Modalku

Modalku adalah aplikasi reksadana yang berbasis mobile yang memungkinkan pemiliknya untuk mengakses reksadana seperti Reksa Dana dan Obligasi. Modalku merupakan aplikasi reksadana yang memberikan investasi kepada investor muda secara online dengan mudah dan santai.

Bareksa

Bareksa adalah aplikasi investasi yang memiliki memiliki AI Robo Advisor yang difungsikan sebagai penasehat investasi bagi calon investor yang ingin memiliki investasi seperti saham, obligasi, reksa dana dan lainnya. Bareksa merupakan aplikasi yang menawarkan investasi kepada investor pemula secara online dengan mudah dan santai.

Ajaib

Aplikasi reksadana ini sudah OJK dan juga sangat cocok untuk pemula . Ajaib juga memiliki fitur chatbot yang terhubung dengan aplikasi ini. Investor bisa bertanya seputar investasi melalui fitur ini.

Ajaib memberikan petunjuk dan pelajaran tetang investasi untuk mereka yang masih awam tentang investasi. Ajaib memberikan petunjuk dan pelajaran yang jelas dan mudah dikuasai bagi mereka yang ingin mrmulai investasi.

Aplikasi ini juga menyediakan rekening virtual untuk para pemiliknya. Dengan rekening virtual ini, para pemilik aplikasi dapat mencoba investasi dan belajar investasi dari aplikasi ini.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Investasi Reksadana

Aplikasi investasi reksadana memiliki sejumlah keuntungan bagi para investor. Aplikasi ini dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Investor bisa menggunakan aplikasi ini di berbagai lokasi seperti di rumah, di kantor, di perjalanan dll. Aplikasi ini sangat mudah dipakai oleh para investor.

Para investor juga tidak perlu repot lagi untuk mendapatkan informasi tentang investasi. Semua informasi terbaru dari berbagai perusahaan investasi bisa para investor temukan dalam aplikasi investasi reks adana yang satu ini.

Aplikasi ini juga memiliki akun untuk para investor. Aplikasi ini akan memberikan rekening virtual bagi para pemiliknya. Aplikasi akan mencatat semua transaksi yang dilakukan pada rekening ini.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam informasi tentang investasi. Para investor dapat menemukan informasi tentang berbagai macam produk investasi yang ada saat ini.

Bagi para investor yang baru mulai, aplikasi ini pun memiliki sejumlah tutorial dan pelajaran tentang invest asi yang bisa para investor temukan. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai informasi tentang berbagai macam pilihan investasi yang ada saat ini, diantaranya:

  • Investasi Reksadana
  • Investasi Dana Terpisah
  • Investasi Kredit
  • Investasi Saham
  • Investasi Valas
  • Investasi Obligasi

Aplikasi investasi reksadana ini juga memiliki berbagai macam fitur keamanan dalam aplikasinya. Fitur keamanan yang dimiliki dalam aplikasi ini adalah:

  • Data akun investor yang terhindar dari tindakan hackers
  • Data akun investor tidak dapat dieksekusi oleh pihak ketiga
  • Semua transaksi yang dilakukan disimpan secara otomatis di cloud
  • Akun investor yang dikuasai oleh aplikasi ini tidak akan terlibat dengan tindakan kecurangan apapun.

Anda tidak perlu khawatir dengan biaya transaksi. Apabila Anda menginvestasikan dana di reksadana, maka sebagian besar dana yang Anda bayarkan akan masuk ke dalam reksadana. 

Biaya untuk pengelolaan dana dan lain sebagainya akan dibebankan kepada seluruh nasabah, sehingga tidak ada biaya tambahan yang dikenakan apabila Anda menggunakan aplikasi investasi reksadana.

Cara Memilih Aplikasi Investasi Reksadana Yang Tepat

Cara memilih aplikasi investasi reksadana yang tepat sebenarnya tidaklah sulit. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ambil contoh, jika Anda adalah seorang investor pemula, maka aplikasi investasi reksadana yang cocok adalah yang memiliki fitur cukup mudah dipahami.

Sedangkan, jika Anda adalah seorang investor berpengalaman, maka aplikasi investasi reksadana yang tepat adalah yang memiliki berbagai macam fitur dan tools analisis. Hal ini dikarenakan, Anda perlu melakukan analisis secara mendalam sebelum menentukan instrumen investasi mana yang akan Anda pilih.

Kesimpulan

Sekarang setelah Anda mengetahui 5 terbaik aplikasi investasi reksadana di Indonesia, mana yang akan Anda pilih? Ingatlah bahwa tujuan utama dalam berinvestasi adalah mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan beli, sehingga gunakanlah aplikasi yang menurut Anda paling mudah digunakan dan dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan.