Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membedakan Power Bank Yang Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Power Bank Yang Asli Dan Palsu

Power bank digunakan sebagai daya tambahan yang dibutuhkan saat baterai ponsel telah habis atau lemah. Jadi, apabila kita sedang bepergian kita bisa mengisi daya ponsel dimana saja dan kapan saja.

Atau bisa saja untuk menghemat daya dengan cara mencolokan ponsel ke power bank saat ponsel sedang digunakan, ya walaupun cara ini tidak dianjurkan karena bisa merusak baterai ponsel.

Power bank biasanya terdapat di semua toko elektronik. Namun, untuk membeli power bank, Anda harus memperhatikan kualitas power bank terlebih dahulu untuk mengetahui apakah power bank nya asli atau palsu.

Ada banyak sekali produk power bank di pasaran. Sehingga, memilih power bank yang tepat dan asli tidak semudah memilih apel di pasar. Selain itu, power bank yang palsu juga bisa berbahaya bagi gadget kita. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membedakan power bank yang asli dan palsu.

Perbedaan Power Bank yang Asli dan Palsu

Berikut ini adalah cara membedakan power bank yang asli dan palsu:

  • Power bank yang asli biasanya memiliki hologram pada bagian belakangnya.
  • Power bank yang palsu tidak memiliki hologram pada bagian belakangnya.
  • Power bank yang palsu sering menggunakan bahan plastik berwarna hitam pada bagian depannya.
  • Power bank yang asli umumnya menggunakan bahan plastik berwarna putih pada bagian depannya.

Kenali Bentuknya

Power bank ada yang memiliki bentuk kotak dan ada juga power bank yang memiliki bentuk yang lebih kecil. Power bank dengan bentuk kotak biasanya memiliki besar daya. Sebaliknya, power bank dengan bentuk yang lebih kecil biasanya lebih mudah dibawa kemanapun Anda pergi.

Bentuk power bank yang palsu biasanya tidak terlalu mirip dengan power bank asli. Ada baiknya Anda memeriksa bentuk asli suatu merek di Google untuk mencocokkan dan memeriksa hasil pembuatan di bagian belakang power bank tersebut untuk memastikan bahwa itu adalah power bank asli.

Kenali Logo dan Sticker

Power bank asli biasanya memiliki label sticker dan logo yang terlihat halus. Untuk memastikan bahwa power bank yang Anda beli adalah asli, Anda perlu mengetahui bentuk, ukuran, logo dan sticker yang asli. Sebaiknya Anda mengetahui gambar dari power bank asli yang dipasarkan oleh perusahaan-perusahaan asli sebelum Anda membelinya.

Kapasitas “Seimbang” dengan Harga

Power bank asli dengan kapasitas yang besar biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dan power bank dengan kapasitas yang sama tapi harga murah kemungkinan itu produk palsu. Seharusnya harga tergantung pada besar daya dan kapasitas dari power bank tersebut.

Bobot Power Bank

Power bank yang memiliki bobot yang lebih berat biasanya dilengkapi dengan kapasitas besar, sehingga daya yang disediakan juga besar. Bobot yang lebih besar juga membuat power bank menjadi lebih kuat dan menandakan bahwa itu produk asli.

Voltage Power Bank

Voltage dari power bank bisa diketahui dari label sticker pada power bank asli. Power bank asli biasanya memiliki voltage 3.7 volt.

Jika Anda melihat label sticker pada power bank yang tidak sesuai dengan voltage 3.7 volt, maka itu adalah kemungkinan power bank palsu. Biasanya power bank palsu memiliki voltage 12 volt.

Build quality

Power bank asli memiliki build quality yang sangat bagus. Power bank palsu biasanya tidak memiliki build quality yang bagus, sehingga hal ini tampak sangat jelas jika diperhatikan baik-baik.

Tunggu lebih lama untuk diisi ulang

Power bank asli memiliki daya yang sangat besar, sehingga power bank akan membutuhkan waktu lebih lama untuk diisi ulang. Power bank palsu memiliki daya yang tidak terlalu besar, sehingga power bank ini akan cepat penuh ketika Anda mengisi ulang power bank tersebut.

Apa Itu Power Bank?

Jadi, power bank itu apa sih sebenarnya? Power bank adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan daya listrik dalam bentuk baterai sehingga dapat digunakan ketika Anda membutuhkan daya listrik ekstra. Power bank biasanya dilengkapi dengan port usb yang dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, atau laptop.

Mengapa Penting Untuk Membedakan Power Bank Yang Asli Dan Palsu?

Mengapa penting untuk membedakan power bank yang asli dan palsu? Jawabannya adalah karena power bank yang palsu tidak hanya akan memberikan daya yang tidak optimal, tapi juga dapat merusak ponsel Anda.

Power bank palsu seringkali dibuat dari bahan-bahan yang kualitasnya rendah, sehingga ketika digunakan dapat menyebabkan panas berlebihan pada ponsel. 

Selain itu, daya yang diberikan oleh power bank palsu seringkali tidak sebesar yang tertulis di produk, sehingga dapat mengakibatkan ponsel Anda mati lebih cepat daripada yang seharusnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan Anda membeli power bank yang asli agar dapat menghemat waktu dan uang Anda di kemudian hari.

Power Bank Yang Asli vs Palsu

Power bank palsu umumnya ada embel-embel berteknologi Lithium Polymer atau yang disingkat dengan LiPo. Disebut palsu karena harganya yang terlalu murah dibandingkan dengan power bank asli. 

Padahal, teknologi LiPo sendiri sebenarnya memiliki keunggulan tersendiri. Hal ini dikarenakan, Lithium Polymer memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan Lithium Ion. 

Selain itu, power bank asli umumnya dilengkapi dengan fitur-fitur seperti LED indicator, port USB, dan lain sebagainya.

Tips Untuk Menjaga Power Bank Agar Tetap Berkualitas

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga power bank agar tetap berkualitas, di antaranya sebagai berikut.

  • Jangan menyimpan power bank dalam tempat yang panas, seperti dalam mobil saat kamu terik matahari.
  • Power bank jangan sampai terjatuh, agar baterai tidak rusak.
  • Setelah digunakan, isi lagi daya power bank nya sampai baterai terisi penuh sebelum menyimpannya untuk waktu yang lama.

Daftar Merk Power Bank Yang Bagus Di Indonesia

Berikut adalah daftar merk power bank yang bagus di Indonesia:
  • Anker
  • ECBC
  • RAVPower
  • Xiaomi
  • Mophie

Cara Cepat Membedakan Power Bank Yang Asli Dan Palsu:

  • Periksa Kemasan dan Isi Paket
  • Perhatikan Harga dan Diskon yang Ditawarkan
  • Lakukan Tes Baterai dengan Alat yang Tersedia

Kesimpulan

Cara membedakan power bank yang asli dan palsu sebenarnya sangatlah mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah melihat bagian baterai dan charger power bank. Bagi Anda yang ingin membeli power bank, selalu cek bagian baterai dan charger sebelum membelinya.

Serta yang paling penting adalah melihat harganya, power bank asli pasti harganya sebanding dengan daya nya. Pastikan hanya membeli di toko officialnya saja supaya tidak tertipu dengan barang palsu.

Post a Comment for "Cara Membedakan Power Bank Yang Asli Dan Palsu"