Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Lengkap Kulkas Sharp vs Aqua, Bagusan Mana ?

Sharp VS Aqua Japan
Kulkas atau lemari pendingin merupakan salah satu alat elektronik yang dimiliki oleh banyak keluarga di Indonesia. Kulkas ini sangat berguna untuk banyak hal. Antara lain, untuk menjaga kestabilan bahan makanan, mendinginkan minuman dan menyimpan berbagai makanan olahan lainnya.

Seperti yang sudah kita ketahui, kulkas ini sangat beragam dan memiliki spesifikasi tersendiri. Inilah sebabnya mengapa penting bagi Anda untuk mengetahui alasan mengapa Anda harus membeli kulkas merek tertentu.

Dengan kemajuan teknologi, banyak perusahaan elektronik yang berlomba-lomba memproduksi lemari es terbaiknya.

Memilih merek lemari es terbaik sangat penting, supaya kulkas awet dan bisa digunakan dalam waktu lama. Akan lebih baik lagi jika kulkas juga menghemat listrik sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran bulanan.

Memilih lemari es yang bagus, hemat energi dan tahan lama seperti ini sudah tidak sulit lagi. Pasalnya, banyak produsen lemari es yang berlomba-lomba menciptakan produk yang memenuhi kriteria tersebut.

Sebagai konsumen, kita juga perlu mengetahui kualitas dan manfaat dari produk elektronik yang akan kita beli agar tidak kecewa di kemudian hari. Dan berikut ini kami akan bandingkan kualitas kulkas merk Sharp dan Aqua bagi anda yang bingung mau beli yang mana diantara kedua merk kulkas tersebut.

Perbandingan Kulkas Merek Sharp Vs Aqua, Bagus Mana ?

Sharp vs Aqua

1. Teknologi Pencegah Bau

Beberapa jenis lemari es AQUA memiliki fitur yang membagi letak makanan di dalamnya. Fitur ini disebut magic room atau ruang ajaib, di mana terdapat tempat terpisah untuk makanan kering dan makanan basah. Dengan kata lain, ruang ajaib adalah kompartemen khusus dengan suhu sekitar 5°C hingga -18°C yang dapat mencegah terbentuknya bau tak sedap di lemari es akibat tercampurnya makanan.

Sementara kulkas Sharp belum memiliki fungsi kompartemen khusus ini. Namun sebagai gantinya, lemari es Sharp menampilkan teknologi Plasmacluster Ion. Teknologi ini dapat menghasilkan ion positif dan negatif yang secara aktif dan merata di seluruh area lemari es. Fungsi dari kedua ion ini adalah untuk menghilangkan berbagai jamur, bakteri dan bau yang tidak sedap.

Keduanya memiliki fitur yang bisa mengantisipasi bau tak sedap di lemari es. Menggunakan teknologi penghilang bau, Sharp dan Aqua dapat membuat bahan makanan lebih tahan lama dan menjaga kesegarannya.

2. Pendinginan

Dari segi teknologi pendinginan, kulkas Aqua memiliki fungsi pendinginan langsung yang mendukung pendinginan makanan secara cepat. Sedangkan kulkas Sharp memiliki sistem pendingin hybrid, fast freeze, extra cool yang mampu mendinginkan isi kulkas secara merata, optimal dan cepat. Selain teknologi ini, perlu diketahui bahwa suhu terdingin yang bisa dicapai lemari es Sharp adalah sekitar 0-2°C, sedangkan Aqua bisa turun hingga -15°C.

3. Konsumsi Daya

Dari segi jumlah energi listrik yang dikonsumsi, kulkas Aqua lebih unggul dari kulkas Sharp. Dengan variasi pemakaian listrik sekitar: 39, 53, 60, 70, 80, 180 hingga 190 watt, menjadikan kulkas Aqua lebih hemat dibandingkan kulkas Sharp.

Sedangkan kulkas Sharp memiliki variasi daya sekitar 84, 97, 100, 148, 173, hingga 234 watt. Hal ini menyebabkan lemari es Sharp mengkonsumsi lebih banyak listrik atau membuang lebih banyak energi. Namun perlu dipahami bahwa ini adalah perbandingan umum, bukan tipe atau tipe kulkas tertentu.

4. Desain

Desain lemari es Aqua lebih ramping dengan warna netral dan cenderung sederhana, meskipun ada juga desain bunga, serta menampilkan elemen tampilan berupa pintu kaca dan gagang tersembunyi. Sedangkan kulkas Sharp hadir dengan pilihan tampilan berwarna yang lebih variatif dan berpola, termasuk warna-warna netral.

Ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika Anda menyukai tampilan yang netral namun elegan, Anda bisa memilih kulkas Aqua. Namun jika Anda lebih menyukai kulkas yang lebih berwarna, sebaiknya pilih kulkas Sharp yang memiliki motif dan warna lebih banyak.

5. Fitur Dukungan Tambahan

Kulkas merek Aqua memiliki beberapa fitur lain yang unik untuk jenis tertentu. Misalnya, fungsi bagian atas meja yang memungkinkan bagian atas lemari es menjadi meja yang kokoh, suhu digital yang bisa diatur, serta ruangan kering tambahan pada bagian bawah kulkas.

Sedangkan kulkas Sharp juga memiliki fitur tambahan berupa: ice pack, freezer ekstra besar dan ice flower yang dapat langsung dibersihkan dengan sistem defrost otomatis yang unggul. Kulkas ini cocok untuk Anda yang menginginkan kenyamanan lebih dan tidak perlu membersihkan wadah penyimpanan kulkas.

Kulkas merk Sharp vs Aqua Japan Bagus Mana ?

Di bawah ini adalah beberapa ulasan pengguna tentang dua lemari es. Masing-masing menjelaskan bagaimana mereka melihat mana yang lebih baik, Sharp vs. Aqua Japan.

1. Keunggulan Kulkas Sharp

Sharp Corporation adalah perusahaan elektronik yang berdiri sejak tahun 1912. Sejak lama memperkenalkan produk elektronik, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, termasuk kulkas Sharp yang memiliki keunggulan sebagai berikut.

Extra Cool

Lemari es merk Sharp dapat mendinginkan makanan atau minuman yang telah disimpan di lemari es menjadi sangat dingin. Fungsi ekstra dingin memungkinkan minuman yang ditempatkan di lemari es mencapai suhu 0 hingga 2 derajat Celcius.

Express Freezing

Keunggulan lain dari kulkas Sharp adalah dapat melakukan proses pendinginan yang cukup cepat. Jika Anda kehabisan es di rumah dan ingin membuat lebih banyak, penantiannya tidak akan lama.

Ice Pack

Fitur ice pack pada Sharp berfungsi untuk menjaga kondisi suhu dingin hingga 8 jam saat kulkas tidak menyala. Bahkan saat lampu padam, makanan dan minumannya aman dan tidak basi. Anda juga tidak perlu khawatir jika saat Anda sedang berada di luar rumah dan tiba-tiba mati lampu.

Lampu LED

Untuk pemasangan lampu LED, kulkas Sharp merupakan tipe yang sangat hemat energi. Harga lampunya juga murah dan lampu ini tidak memakan banyak listrik. Tagihan listrik Anda tidak akan bertambah.

Teknologi ion Plasmacluster

Teknologi ion Plasmacluster yang terpasang di lemari es Sharp berfungsi untuk melindungi makanan dan minuman di dalam lemari es dari bakteri dan jamur penyebab bau tidak sedap.

Tempered Glass Tray

Rak bagian dalam lemari es Sharp terbuat dari kaca plastik, mampu menahan beban hingga 100 kg. Bahan terbuat dari tempered glass sehingga mudah dibersihkan dan memiliki ketahanan yang optimal.

Extra Big Freezer

Kulkas Sharp memiliki ruang pendinginan yang lebih luas dan lebih besar dari pesaingnya. Anda juga dapat menyimpan banyak makanan dan minuman di dalamnya dengan bebas.

Nano Deodorizer

Teknologi nano deodorizer pada filter kulkas Sharp digunakan untuk menyaring bau tidak sedap yang muncul dari dalam. Dengan begitu, kulkas Anda bisa tetap bersih dan awet digunakan.

2. Keunggulan Kulkas Aqua Japan

Merek Aqua Japan bisa dikatakan sebagai produsen elektronik rumah tangga yang berbasis di Jepang. Beberapa keunggulan produk Aqua menurut websitenya adalah:

Magic Room / Ruang Ajaib

Keunggulan pertama dari kulkas Aqua adalah Magic Room yang memiliki kompartemen tersendiri di dalam kulkas dan dapat digunakan untuk berbagai pengaturan suhu. Dari 5°C hingga -18°C. Kesegaran makanan di dalamnya juga terjaga dengan baik tanpa bercampur dengan makanan atau minuman lain.

Twin Inverter

Inverter kembar sangat penting bagi ibu rumah tangga. Pasalnya, teknologi Twin inverter pada kulkas Aqua membuat kecepatan pendinginan menjadi lebih maksimal. Hal ini berdampak membuat penggunaan energi listrik menjadi lebih stabil atau ekonomis.

DEO Fresh & HCS

Campuran makanan di lemari es memudahkan munculnya bakteri dan bau tak sedap. Teknologi DEO Fresh & HCS membantu menjaga kesegaran makanan seperti buah dan sayuran untuk menekan bakteri, menyerap bau tak sedap dan menjaga kelembapan makanan.


360 ° aliran udara

Kulkas AQUA Jepang juga memiliki keunggulan teknologi AirFlow 360°. Teknologi ini dapat mendistribusikan udara dingin dari lemari es secara merata melalui sistem pendingin melingkar, sehingga dingin juga akan terdistribusi lebih merata.

Digital Temperature Control

Keunggulan lain dari kulkas AQUA Japan adalah memiliki Digital Temperature Control. Dengan layar sentuh dan tampilan LED, pengguna dapat dengan mudah mengatur suhu di dalam lemari es secara otomatis sesuai keinginan.

Pintu kaca dan pegangan tersembunyi

Terakhir, lemari es AQUA Japan memiliki pintu kaca yang elegan dan pegangan tersembunyi untuk mempercantik dapur Anda. Detail kecil ini akan membuat lemari es Anda terlihat mewah dan menarik.

Mana Yang Lebih Bagus ?

Setelah membaca perbandingan diatas antara merk Sharp vs Aqua Japan kita mungkin sudah bisa menyimpulkan mana yag lebih baik dan bagus untuk dibeli, tapi sejujurnya itu hanyalah masalah selera saja.

Anda lebih baik langsung datang ke toko elektronik yang menjual kulkas Aqua ataupun Sharp disana kamu bisa langsung memilih dan melihat secara langsung kulkas tersebut, bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Untuk keunggulan masing-masing dari kedua merek kulkas tersebut kamu bisa melihatnya diartikel ini, sedangkan untuk urusan desain dan tampilan, bisa kamu bandingkan langsung ditoko, karena selera orang itu beda-beda, jadi manakah kulkas yang kamu pilih setelah membaca perbandingan kulkas Sharp vs Aqua ?