Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati Terbaru 2022

logo-telkomsel
 
Cara aktivasi kartu telkomsel mati atau hangus sangat sederhana dan bisa dilakukan tanpa harus ke GraPARI atau menghubungi call center telkomsel.

Pada dasarnya, semua kartu layanan seluler memiliki nomor aktif untuk jangka waktu terbatas. Jika kartu jarang digunakan atau tidak diisi ulang dalam jangka waktu tertentu, kartu dapat dinonaktifkan.

Hal ini juga terjadi pada kartu Telkomsel. Tentu saja, hangusnya nomor telepon Anda sangat mengganggu komunikasi Anda, baik dengan keluarga, kekasih, atau kolega Anda sendiri.

Nah, jika itu terjadi, jangan khawatir, Saya akan memberi tahu Anda cara mengaktifkan kartu Telkomsel. Itu mungkin? Ya silahkan! Berikut penjelasan lengkapnya!

Ciri-Ciri Kartu Telkomsel Mati atau Hangus 

Mengapa kartu simpati telkomsel bisa hilang dan tidak bisa digunakan lagi? Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kartu layanan seluler memiliki masa aktif yang terbatas.

Tentunya masa aktif dapat diperpanjang jika Anda membeli dan mengisi ulang pulsa dalam jumlah tertentu, biasanya dari 7 hari, 14 hari, 1 bulan, 3 bulan, atau bahkan hingga 1 tahun, tergantung pada jumlah nominal pulsa.

Nah, jika tidak mengisi pulsa, biasanya kartu atau SIM card akan masuk masa tenggang. Jika hingga masa tenggang Anda belum mengisinya dengan pulsa, maka pihak operator seluler, dalam hal ini Telkomsel, tidak punya pilihan selain menonaktifkannya.

Apa saja ciri-ciri kartu Telkomsel yang sudah tidak aktif? Ini adalah tanda-tanda yang paling terlihat.

  • Tidak ada panggilan telepon yang dapat dilakukan atau diterima.
  • SMS tidak dapat dikirim dan diterima.
  • Sinyal hilang, biasanya gambar silang akan muncul di ikon sinyal operator.
  • Perangkat smartphone tidak membaca kartu SIM, biasanya tidak ada ikon sinyal operator yang muncul.

Kartu dengan nomor mati pasti akan membuat Anda kesulitan, apalagi jika nomor kontak Anda masih tersimpan di kartu SIM.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan kartu Simpati Tsel yang mati? Saya akan menjelaskan secara singkat caranya di bawah ini. Mohon dibaca baik-baik ya, agar tidak salah kaprah!
Cara aktivasi kartu Dead Telkomsel 2022 terbaru

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Terbaru 2022

Apakah perdana Telkomsel AS Simpati yang mati, tidak aktif, hilang atau terkunci dapat diaktifkan kembali? jawabannya YA BISA. Namun cara mengaktifkannya berbeda-beda tergantung apa yang menyebabkan kartu kamu hangus atau mati.

Tentunya cara aktivasi kartu telkomsel mati karena lama tidak diisi pulsa akan berbeda dengan cara aktivasi kartu telkomsel yang terblokir.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati? Berikut panduan aktivasi kartu SIM Simpati Telkomsel yang bisa Anda ikuti.

1. Masa Tenggang Kurang dari 15 Hari

Selama kartu Anda masih dalam masa tenggang kurang dari 15 hari, kartu Telkomsel Anda masih bisa diaktifkan kembali.

Jika lebih dari 15 hari telah berlalu tetapi belum satu bulan telah berlalu setelah masa tenggang, kemungkinan nomor tersebut dapat diaktifkan lebih kecil.

Namun, kamu tetap bisa melakukannya, asalkan menyebutkan alasan mendesaknya, geng.

Jika sudah lebih dari satu bulan, yaitu setelah masa tenggang, kartu Telkomsel Anda tidak dapat diaktifkan lagi karena sistem telah menghapusnya karena alasan apa pun. Suka atau tidak suka, Anda harus membeli kartu perdana baru.

2. Laporkan via Media Sosial

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang hangus selanjutnya adalah dengan menggunakan jejaring sosial resmi Telkomsel, baik itu Facebook, Twitter atau Instagram.

Namun, jika ingin respon yang lebih cepat, direkomendasikan menggunakan Twitter. Hal ini berdasarkan pantauan terhadap akun Twitter @Telkomsel yang jauh lebih responsif terhadap keluhan konsumen.

Berikut panduan aktivasi kartu telkomsel mati:

  1. Buka Twitter.
  2. Kunjungi akun @Telkomsel.
  3. Ketuk opsi Pesan Langsung.
  4. Kirim permintaan dalam format berikut: nomor, tanggal dan waktu akhir masa tenggang, dan lokasi.
  5. Tunggu hingga administrator Telkomsel mengecek status nomor tersebut.
  6. Jika Anda memenuhi syarat dan ketentuan, kartu dapat diaktifkan kembali.

3. Hubungi Call Center Telkomsel

Seperti yang tertulis di atas, jika ternyata masa tenggang kartu Telkomsel Anda masih kurang dari 15 hari, maka Anda dapat mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati tanpa melalui GraPARI.

Untuk melakukan ini, pertama-tama hubungi call center Telkomsel di 0807 1 811 811 atau Anda juga dapat menelepon 188. Panggilan ini akan dikenakan biaya Rp. 300, jadi pastikan cek pulsa Telkomsel kamu!

Nantinya, Anda bisa melaporkan masalah Anda secara detail ke Customer Service (CS) yang membantu Anda.

Biasanya CS Telkomsel akan selalu meminta Anda untuk datang ke GraPARI untuk menanganinya secara langsung. Namun, dengan menghubungi CS Telkomsel, Anda dapat memberi tahu penyedia terlebih dahulu bahwa nomor nonaktif Anda masih digunakan dan akan segera diaktifkan.

4. Pergi ke GraPARI Telkomsel

 

GraPARI

Sama seperti Anda ingin mengupgrade atau mengganti kartu Telkomsel dari 3G ke 4G, Anda harus pergi ke GraPARI Telkomsel untuk mengurus kartu nomor tidak aktif Anda. Jadi tidak ada cara lain untuk mengaktifkan kartu Simpati Tsel selain datang ke GraPARI, geng!


Apa yang harus Anda bawa? Cukup bawa KTP dan kartu keluarga, karena biasanya supplier akan mengecek data Anda atau mendaftarkannya sesuai peraturan pemerintah.

Layanan ini bisa Anda dapatkan secara gratis kecuali Anda terpaksa mengambil paket perdana baru karena nomor lama Anda masuk masa tenggang dengan membayar Rp25.000.00.

Kesimpulan

Ternyata tidak terlalu sulit untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang telah mati atau hangus, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah mudah yang sudah tertulis diatas.

Dan juga seperti kata pepatah lebih baik mecegah daripada mengobati. Lebih baik dijaga agar kartunya tidak lewat masa tenggang daripada harus repot-repot mengaktifkannya kembali.

Jangan lupa untuk selalu mengecek tanggal masa tenggang kartu Telkomsel mu dan juga jangan lupa untuk mengisi pulsa secara berkala agar nomor Telkomsel mu tidak hangus atau mati.