Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Nomor Smartfren Masih Aktif Atau Tidak

Cara cek nomor Smartfren masih aktif atau tidak – Smartfren dikenal sebagai penyedia layanan telekomunikasi yang menawarkan pilihan layanan prabayar dan pascabayar. Nomor kartu Smartfren mungkin tidak aktif jika tidak diperpanjang dengan pengisian pulsa. Ada beberapa cara untuk mengecek apakah nomor Smartfren masih aktif atau tidak. Ini berguna jika nomor tersebut tiba-tiba tidak dapat digunakan atau sudah lama tidak digunakan.

Mengecek nomor Smartfren tanpa Internet

Nomor SmartFren dapat diketahui masih aktif atau tidak secara offline, sehingga tidak perlu memiliki paket data atau terhubung ke WiFi. Ini lebih mudah dilakukan jika nomor tersebut masih bisa digunakan atau terpasang di ponsel. Caranya adalah dengan melakukan verifikasi dengan menekan dial code atau mengirim SMS. Syaratnya, kartu yang digunakan adalah nomor yang ingin dicek masa aktifnya.

Berikut langkah-langkah untuk mengecek nomor Smartfren masih aktif atau tidak melalui kode dial.

  • Hidupkan telepon.
  • Buka ikon telepon atau menu panggilan.
  • Ketik *999# lalu tekan.
  • Tunggu hingga muncul pop-up informasi yang berisi masa aktif kartu Smartfren.

Melakukan panggilan dengan kode dial juga harus memastikan ada sinyal atau jaringan telepon. Lihat icon signal di atas, pastikan ada signal walaupun hanya single bar.

Ada juga panggilan suara ke nomor 999. Setelah masuk, Anda dapat mengikuti instruksi dari penyedia. Pilih informasi yang ingin Anda ketahui, misalnya masa aktif kartu dan sisa pulsa yang ada di kartu Smartfren mu..

Selain dengan nomor kode dial, cek masa aktif juga dapat dilakukan dengan mengirimkan SMS. Caranya kirim pesan ke nomor 999. Pesan yang dikirim adalah "Cek". Tunggu respon dari operator. Pesan respon yang diterima berupa masa aktif nomor dan sisa pulsa.

nomor smartfren
Kartu Smartfren

Cek nomor Smartfren masih aktif atau tidak melalui aplikasi

Smartfren menyediakan aplikasi MySF untuk digunakan oleh pelanggannya. Berkat aplikasi ini, Anda bisa langsung mengetahui nomor, pulsa, dan masa aktif sebuah kartu. Namun untuk memasukinya harus menggunakan jaringan internet. Jadi ini dapat digunakan jika ponsel dapat terhubung ke internet melalui data seluler atau Wifi. Berikut cara mengecek apakah nomor Smartfren Anda masih aktif atau tidak melalui aplikasi MySF.

  1. Unduh aplikasi MySF atau MySmartFren ke Play Store untuk ponsel Android dan di App Store untuk ponsel iOS.
  2. Masuk ke aplikasi MySF lalu daftarkan dulu nomor yang ingin diverifikasi. Jika Anda sudah terdaftar, cukup masukkan nomor dan kata sandi.
  3. Di aplikasi MySF, ketuk profil akun. Setelah itu Anda akan melihat nomor kartu dan masa aktif.

Pelanggan yang dapat menggunakan aplikasi ini dengan nomornya biasanya selalu aktif. Apalagi jika masih ada sinyal dan data yang bisa digunakan menggunakan nomor tersebut.

Cara cek nomor Smartfren masih aktif atau tidak melalui website

Smartfren memiliki website resmi yang berisi informasi layanan dan produk bagi pelanggannya. Selain itu juga terdapat halaman website mysmartfren. Halaman website ini digunakan untuk mendaftarkan nomor dengan NIK dan untuk verifikasi nomor Smartfren. Dapat digunakan menggunakan browser komputer, jadi tidak perlu menggunakan ponsel dengan nomor yang ingin diverifikasi. Tetapi harus memiliki akun yang sudah terdaftar di MySmartfren.

Berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk mengecek masa aktif Smartfren melalui website:

  1. Kunjungi my.smartfren.com.
  2. Masukkan user ID/email yang digunakan saat mendaftar MySmartfren.
  3. Masukkan kata kunci.
  4. Klik Masuk.

Pendaftaran pengguna Mysmartfren juga dapat dilakukan melalui website ini. Buka halaman pendaftaran dan isi informasi yang diperlukan. Masukkan nomor Smartfren mu, nama, nama pengguna, dan kata sandi. Kemudian ikuti langkah-langkah untuk mendaftar MySmartfren.

Selain melakukan pengecekan menggunakan user id, ada juga pilihan untuk mengecek nomor yang sudah tedaftar. Caranya buka my.smartfren/check.nik.php. Masukkan nomor NIK dan nomor kartu prabayar Anda. Kemudian isi tanggapan dan kemudian periksa statusnya. Disini juga bisa digunakan untuk mendaftar nomor prabayar.

Mengecek Nomor Smartfren Yang Tidak Aktif

Pengguna dapat mengetahui nomor yang sudah hangus dengan melihat apakah kartu nomor tersebut masih dapat digunakan atau tidak. Nomor yang telah kedaluwarsa atau habis masa tenggang tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon atau pesan teks. Nomor ini juga tidak dapat digunakan untuk mengakses layanan Internet. Pulsa dan paket yang ada di kartu sebelumnya akan hilang dan tidak bisa digunakan lagi.

Saat kartu aktif habis masa berlakunya, pelanggan tidak dapat menggunakan sisa pulsa yang ada di dalamnya. Ini mirip dengan nomor yang telah hanus, tetapi selama masih berada di masa tenggang, berarti masih dapat diperpanjang untuk membuat nomor aktif kembali. Selama waktu ini, jika nomor tersebut telah hangus, nomor tersebut tidak dapat diaktifkan kembali.

Smartfren sendiri menawarkan masa tenggang 30 hari setelah masa aktif kartu habis. Ketika masa aktif berakhir, pelanggan dapat memperpanjangnya dengan mengisi ulang pulsa. Isi ulang otomatis akan memperpanjang masa aktif kartu. Selain isi ulang pulsa, kamu juga bisa membeli paket internet dengan pulsa. Ada tambahan bonus masa aktif jika Anda membeli paket internet.

Aktifkan Nomor Kadaluwarsa Dengan Paket Pascabayar

Setelah mengetahui apakah nomor Smartfren masih aktif atau tidak, apa yang harus dilakukan jika kartunya sudah hangus atau kadaluwarsa? Nomor yang telah hangus tidak dapat diaktifkan seperti semula karena telah melewati masa tenggang. Oleh karena itu, pelanggan harus memperkirakan tanggal kedaluwarsa masa tenggang untuk memperpanjang masa aktif dari waktu ke waktu.

Namun, kartu prabayar yang hilang dapat diganti dengan kartu pascabayar. Sehingga dapat digunakan kembali walaupun service kartunya sedikit berbeda. Caranya adalah dengan mendatangi point of sale Smartfren terdekat. Ini bisa sedikit rumit karena Anda harus datang ke stan dengan persyaratan tertentu. Namun jika nomor kartu Smartfren mu tidak mau hilang, sebaiknya cara ini digunakan.

Beberapa persyaratan yang harus dibawa antara lain KTP atau kartu identitas lainnya dan kartu keluarga. Bawa juga kartu yang hangus atau kadaluwarsa. Setelah itu, beli paket pascabayar dengan uang tunai ataupun non tunai.

Pelanggan yang tidak ingin kehilangan kartunya harus rutin mengecek pulsa dan masa aktif kartu. Apalagi jika kartu tersebut jarang digunakan, maka terkadang membuat Anda lupa untuk mengisi saldo. Kartu yang tidak digunakan terkadang membawa nomor yang cukup penting karena berfungsi sebagai pendaftaran berbagai layanan. Misalnya nomor tersebut digunakan untuk akun WA atau akun toko online. Tentunya dilakukan upaya agar nomor tersebut tetap aktif agar akun di layanan yang terdaftar juga tetap aktif.

Cara mengecek nomor SmartFren selalu aktif atau tidak cukup mudah dilakukan, baik dengan kode nomor, SMS, aplikasi atau website. Kartu yang menjadi tidak aktif harus segera diperpanjang agar kartu tidak melewati masa tenggang dan hilang. Sebaiknya gunakan kartu dan isi ulang secara teratur jika nomornya sangat penting.