-->

Cara Mengisi Tinta Printer yang Baik Dan Benar

Salah teknik pengisian bisa menyebabkan printer mu tidak berfungsi. Pelajari cara mengisi tinta printer yang benar agar printer kamu tidak rusak. Printer yang kehabisan tinta dapat menyebabkan masalah.

Terutama jikalau kamu sedang sangat-sangat butuh untuk mencetak dokumen yang penting. Untuk mengisi kembali, kamu perlu menerapkan cara mengisi tinta printer dengan benar.

Cara Mengisi Tinta Printer yang Baik Dan Benar

Melakukan isi ulang tinta printer memerlukan teknik yang benar, alasannya adalah bila tidak, printer terancam jadi rusak. Alih-alih bisa digunakan mencetak, bisa jadi malah butuh dibawa ke service.

Untuk menghindari hal itu, diperlukan pengalaman dan pemahaman cara isi ulang printer yang baik dan benar. Sebelum melaksanakan pengisian ulang tinta printer, kamu wajib memperhatikan apakah printer kamu tipe yang mempunyai tangki atau bukan.

Tipe printer yang dipakai di Indonesia biasanya terdiri atas 2 macam. Pertama, yang dilengkapi tangki tinta dengan klep penutup. Kedua, yang tanpa tangki tinta dan langsung yaitu cartridge.

Cara Mengisi Tinta Printer Infus

Printer yang dilengkapi tangki contohnya printer-printer EPSON keluaran terbaru, tahun 2018 ke atas. Seperti model L360, dan lain-yang lain. Untuk printer yang mempunyai tangki, teknik pengisian isi ulang tinta printernya adalah seperti berikut ini.

  • Matikan printer apalagi dahulu untuk menyingkir dari error yang mungkin terjadi.
  • Lepas tangki dari kawasan terpasangnya. Pastikan sisi lubang pengisian berada di posisibatas.
  • Buka klep yang menutup tangki tersebut, kemudian suntikkan tinta ke dalam tangki sesuai dengan warna. Ingat! SESUAI WARNA!
  • Tutup kembali klep penutup tangki tinta printer Kamu rapat-rapat. Jangan hingga terbuka sehingga rawan bocor.
  • Pasangkan kembali tangki pada tempatnya di sisi samping printer. Kunci.
  • Nyalakan printer kembali, dan tunggu beberapa saat sebelum mulai untuk digunakan. Tujuannya biar cartridge dapat menguras tinta terlebih dahulu dari tangki.
  • Akan lebih baik kalau pengisian tinta dijalankan sebelum tinta benar-benar kosong. Supaya tidak ada udara yang mengendap atau menyelinap di antara tinta pada selang printernya.

Pengisian tinta printer pada printer bertangki ibarat EPSON L360 lebih utama dilaksanakan sebelum tinta betul-betul habis. Ini untuk menghindari adanya udara yang menyelinap di antara tinta tersebut.

Cara Mengisi Tinta Printer Langsung Ke Cartridge

Beberapa merk printer populer tidak menyediakan tangki tinta bawaan. Jika tinta habis, kamu terpaksa harus mengisi ulang ke cartridge-nya secara langsung, atau sekalian memasang cartridge baru.

Memasang cartridge yang baru lebih diusulkan lantaran lebih mudah, dan jarang memiliki masalah. Tapi harga cartridge sebagaimana diketahui, cukup mahal. Bahkan harga 3-5 cartridge dapat dipakai untuk membeli printeryang baru.

Cara Mengisi Tinta Printer Canon

Untuk mengisi tinta printer secara langsung ke cartridge seperti printer merek Canon ip2700, Canon mp280, HP, dan sebagainya, ikuti langkah berikut.

  • Siapkan tinta beserta dengan syringe atau suntikannya. Pastikan bahwa tinta yang dipakai sudah kompatibel dengan printernya. Kesalahan penyeleksian tinta mampu membuat printer error tidak bisa dipakai lagi.

  • Nyalakan printer dengan menekan tombol On. Silahkan tunggu beberapa saat hingga printer berada pada posisi stand by.
  • Buka penutup printer, dan harus dipastikan cartridge sudah berada di tengah-tengah printer.
  • Lepaskan cartridge yang mau kamu isi ulang, apakah mau yang berwarna, atau yang tinta hitam saja.
  • Jangan sekali-kali menyentuhkan tangan atau benda apapun ke sirkuit di kepingan bagian belakang cartridge. Sirkuit tersebut bagian penting karena berhubungan dengan sensor printer.
  • Buka stiker epilog cartridge, dan suntikkan tinta printer pada lubang yang berada tepat di atas kantong tintanya.
  • Untuk cartridge hitam, lubang tinta akan sangat jelas seperti titik. Perbesar dengan paku atau bor kecil supaya jarum suntikan bisa masuk.
  • Untuk cartridge berwarna, posisikan kantong tinta Magenta berada di paling belakang. Di depan, terdapat kantong Cyan dan Yellow, berurutan dari kiri ke kanan
  • Jangan salah memasukkan tinta yang tidak cocok, alasannya ialah akan menciptakan cartridge, bahkan printernya juga, rusak. Tak bisa digunakan lagi.
  • Isikan seperlunya, alasannya kantong tinta tidak terlalu besar. Untuk tinta hitam, cuma sekitar 10 – 15 ml. Untuk tinta warna, masing-masing sekitar 3 – 5 ml.
  • Bersihkan cartridge dengan tisu kemudian pasangkan kembali ke dudukannya,
  • Tunggu hingga cartridge kembali ke posisi standby. Sebelum dipakai mencetak, lakukan head cleaning agar memastikan tinta tanpa hambatan dan tidak bermasalah.

Nah, tidak susah bukan cara mengisi tinta printer yang baik dan benar sendiri? Kamu tak perlu membawa printer mu ke tukang servis printer untuk masalah seperti ini. Cukup pastikan langkah-langkahnya dilakuakn dengan sempurna untuk menghindari printer dari rusak permanen.