Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perbaiki Parabola Matrix Garuda Tidak Ada Sinyal

Cara memperbaiki parabola matrix garuda tidak ada sinyal - Apakah sinyal parabola Anda tiba-tiba menghilang? tidak perlu panik. Secara umum, masalah ini dapat dengan mudah diperbaiki tanpa perlu membawanya ke tukang reparasi.

Jadi bagaimana Anda cara memperbaiki receiver parabola tidak ada sinyal? Pertama, Anda perlu membuat diagnosis dan menemukan penyebab masalahnya. Hanya dengan begitu kita dapat menentukan langkah-langkah untuk memperbaiki kekurangan sinyal dari receiver dengan benar.

Cara memperbaiki receiver matrik garuda yang rusak tanpa sinyal cukup mudah. Sayangnya, pengetahuan yang terbatas tentang dunia elektronik seringkali menghalangi pemirsa untuk memecahkan masalahnya sendiri.

Penyebab kurangnya sinyal dari jaringan receiver parabola matrix garuda dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, misalnya karena kabel putus, karat, lnb mati, konektor kendor atau kerusakan teknis lainnya.

Bagi seorang teknisi, Anda pasti sudah mengetahui apa penyebab hilangnya sinyal dari penerima jaringan. Ada berbagai metode dan tindakan korektif yang bisa Anda lakukan.

Tetapi bagaimana jika Anda seorang pemula? Bagi orang awam khususnya pasti bingung dulu dengan langkah-langkah yang harus diikuti, seperti apa saja yang perlu dicek dan komponen apa saja yang perlu diperbaiki.

Matrix Garuda

Penyebab dan Cara Mencari Sinyal Parabola Matriks Garuda yang Hilang

Kehilangan sinyal matriks biasanya disebabkan oleh perakitan yang tidak tepat atau penggantian konektor. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena ada solusi untuk menemukan sinyal parabola Matrix yang hilang itu.

Penyebab lain yang terjadi adalah transmisi sinyal yang tidak sampai atau terputus dari receiver. Oleh karena itu, Anda harus meneliti penyebab hilangnya sinyal agar dapat memberikan penanganan yang tepat.

  • Melindungi Konektor

Jika masalahnya adalah kabel LNB yang rusak, Anda hanya perlu menutup konektornya. Periksa bagian konektor dengan hati-hati dan jauhkan dari tambalan tembaga bagian dalam atau serat arde. Tujuannya adalah untuk membersihkan semua hal yang mengganggu koneksi.

Konektor yang tidak terlindungi akan memungkinkan air masuk dengan mudah. Tutup konektor ini menggunakan isolasi listrik atau isolasi lain yang lebih aman.

  • Posisi Antena Tidak Kencang

Cara kedua untuk menemukan sinyal parabola Matrix Garuda yang hilang adalah dengan membuat posisi antena dengan rapat. Sinyal yang buruk dapat terjadi karena antena longgar dan baut LNB yang memerlukan penyesuaian.

Keadaan baut yang longgar ini membuat parabola menyentuh dan bergerak dengan mudah. Lebih parah lagi, jika terkena angin kencang dan hujan, kerusakannya akan semakin parah.

Maka untuk mengantisipasinya adalah dengan mengencangkan setiap baut pusat pada parabola. Anda juga harus mengubah lokasi parabola jika menurut Anda itu tidak aman.

  • Perhatikan Arah Parabola

Penyebab ketiga tidak ada sinyal adalah arah parabola. Berikan perhatian khusus pada bagian depan dan atas parabola agar tidak terhalang oleh apapun yang mempersulit pemasukan sinyal.

Penyebab umum sinyal buruk saat memasang antena parabola ini adalah penghalang dari rumah atau pohon. Keberadaan rumah dan pohon ini tentu sangat berbahaya bagi parabola, terutama untuk aliran sinyal yang masuk.

Khusus untuk pohon, walaupun awalnya kecil, namun lama kelamaan pohon ini akan tumbuh menjadi pohon yang besar. Ini akan membuat sinyal sulit atau hilang.

  • Kerusakan LNB

Penyebab berikutnya atas masalah sinyal parabola Matrix yang hilang, penyebabnya adalah kerusakan pada. Hal ini juga ditunjang dengan daya tahan receiver yang bergantung pada kondisi dan kualitas nya.

Ada juga yang receivernya tiba-tiba error atau sinyal hilang, padahal baru dibeli. Tentu saja, kerusakan pada LNB atau receiver ini dapat disebabkan oleh konfigurasi yang salah atau bahkan receiver itu sendiri yang rusak. Karena itu, Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena agar sinyal Matrix ini muncul kembali, yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Cara Memperbaiki Receiver Matrix Tidak Ada Sinyal Lengkap

Parabola Matrix pada TV satelit pada umumnya terdiri dari beberapa frekuensi seperti frekuensi Ku Band dan frekuensi C Band. Keduanya perlu diketahui sebelum mengaplikasikan cara memperbaiki receiver parabola hilang sinyal merk Matrix Garuda. Biasanya frekuensi C Band digunakan oleh parabola mesh atau jaring yang memiliki 1 – 4 lnb dan berdiameter 1,8 M atau 6 Feet.

Kemudian untuk penggunaan frekuensi Ku band biasanya parabola mini solid di TV berbayar berukuran 60-80cm. Nah kali ini saya akan kasih tau cara memperbaiki receiver Matrix Garuda tanpa sinyal full. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat dibawah ini.

Secara umum frekuensi C-band rentan terhadap gangguan seperti jaringan komunikasi, interferensi, dan jaringan internet. Adapun gangguan yang dialami frekuensi Ku band disebabkan oleh faktor iklim seperti awan gelap atau hujan lebat. Ini adalah dua jenis frekuensi dalam parabola TV. Untuk menerapkan cara memperbaiki penerima parabola yang hilang sinyal, Anda harus menyesuaikan dengan penyebabnya.

  • Periksa indikator sinyal di layar TV

Indikator sinyal merupakan salah satu fitur penting yang harus diperhatikan ketika memutuskan untuk menggunakan receiver. Melalui indikator ini, masyarakat dapat terus memantau kinerja alat yang mereka gunakan.

Secara umum, pemirsa tidak akan mendapatkan sinyal atau TV no signal atau blank hanya menampilkan layar biru ketika mendapati receiver matrix mereka rusak. Layar TV muncul tulisan no signal menjadi pertanda lebih spesifik tentang problematika tersebut.

Cara pertama untuk memperbaiki receiver parabola yang tidak ada sinyal adalah dengan memeriksa indikator sinyal di layar TV. Kita dapat menggunakan tombol informasi pada remote control untuk memeriksa indikator sinyal TV. Setelah itu, Kualitas dan Sinyal akan muncul di halaman sebagai dua garis/batang. Jika keduanya nol (0) atau jika hanya ada satu, receiver parabola tidak dapat menerima sinyal satelit. Inilah yang membuat semua stasiun TV menulis No Signal.

  • Periksa parameter dan pengaturan receiver

Cara mengatasi receiver parabola tidak ada sinyal, selanjutnya adalah mengecek parameter dan setting receiver. Pada titik ini, Anda hanya perlu memeriksa apakah LED penerima menyala atau tidak. Caranya adalah dengan mereset receiver dengan mencabut kabel power dan menunggu 5 menit sebelum menyalakannya kembali.

Selain itu, pengaturan satelit receiver TV juga harus diperiksa dengan masuk ke menu, mengklik instalasi dan memilih satelit. Setelah itu cek setting transponder, setting motor, setting LNB, actuator dan setting diseq 1.0 dan diseq 1.1.

  • Memeriksa Sambungan Connector Kabel Coaxcial

Ada kalanya indikator TV tidak ada sinyal disebabkan oleh faktor yang berasal dari hal yang sangat sepele yaitu dari segi pengkabelan. Kabel adalah alat yang menghubungkan matriks penerima Anda ke TV. Jika ditemukan kabel yang rusak, koneksi yang didapat penonton akan mengalami gangguan. Tak sedikit orang yang akhirnya salah mendiagnosis dan mengira perangkat tersebut rusak.

Cara mengatasi no signal matrix receiver selanjutnya adalah dengan mengecek koneksi kabel coaxial. Receiver memiliki kabel antena yang dapat Anda lepaskan terlebih dahulu. Kemudian konektor diperiksa apakah pemasangannya sudah benar atau belum. Kemudian periksa juga apakah tembaga tidak bermasalah. Misalnya kabel teroksidasi, menghindari korsleting dengan seratnya (ground), lubang konektor pada penerima bebas dari oksidasi, atau mengencangkan konektor dalam posisi longgar.

Setelah dicek semuanya, langkah selanjutnya adalah mengecek koneksi konektor pada diseq dan lnb. Saat Anda memeriksa lnb Anda, pastikan posisi parabola tidak berubah sehingga Anda tidak perlu mengubah arah dan posisi parabola fokus.

  • Memeriksa Fokus Parabola

Pada penjelasan diatas saya sampaikan bahwa kehilangan sinyal pada perangkat receiver dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti kabel putus, karat, lnb mati, konektor kendor dan masih banyak lagi. Jika Anda telah mengetahui penyebab sinyal penerima matriks, Anda dapat menerapkan beberapa langkah untuk memperbaikinya.

Nah, ada kalanya sinyal dari penerima jaringan tidak muncul karena kalibrasi parabola yang tidak tepat. Kerusakan fisik sekecil apa pun atau perubahan fokus perangkat dapat menyebabkan masalah di atas.

Cara memperbaiki penerima parabola tidak ada sinyal, selanjutnya adalah memeriksa fokus parabola. Untuk kategori Parabola Band C harus memperhatikan tuning antena terlebih dahulu sebelum memeriksa konektor diseq dan lnb, misalnya ada baut yang kendor, jaring putus, tuning in fokus tertutup sesuatu, okusnya bergeser, penyok, atau sesuatu benda menimpa antena.

Perhatikan bahwa ini juga berlaku untuk parabola jenis Ku Band mini. Selain itu, Anda juga bisa melihatnya di bagian belakang antena, khususnya di bagian samping baut pemasangan sebelumnya.

  • cek posisi dan kondisi LNB

Apakah menurut Anda penempatan posisi LNB yang salah dapat menyebabkan tidak ada sinyal di jaringan penerima? beberapa tidak akan menduga. Namun nyatanya, hal itu bisa terjadi karena berbagai alasan. Walaupun saya sendiri belum pernah mengalaminya, namun kejadian ini pernah menimpa penonton di beberapa daerah terpencil.

Cara memperbaiki receiver parabola matrix garuda tidak ada sinyal. Langkah selanjutnya adalah memeriksa LNB. Posisi LNB pada antena C-band harus menghadap ke barat, sedangkan posisi LNB pada antena Ku-band harus menghadap ke selatan atau utara. Setelah posisi antena benar, silakan periksa apakah pemasangan LNB sudah kencang dan benar.

Penutupan Cara Memperbaiki Parabola Matrix Garuda Tidak Ada Sinyal Lengkap

Sekian penjelasan tentang cara memperbaiki receiver Matrix Garuda yang tidak ada sinyal. Cara memperbaiki receiver hilang sinyal harus sesuai dengan penyebabnya. Inilah sebabnya mengapa Anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya sebelum memperbaikinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.