Pulau Dutungan, Pulau Indah di Barru Sulawesi Selatan

Pulau Dutungan

Eksplorasi wisata alam pantai barat Sulawesi Selatan (SulSel) memang tak ada habisnya. Berbagai destinasi wisata pantai tak pelak memperindah keindahan jalur air dari Makassar hingga Baribari. Selain itu, pantai barat Sulawesi Selatan juga menawarkan pesona pulau mungil yang menjadi destinasi wajib dikunjungi bagi pecinta wisata pulau, dan salah satu pulau tersebut adalah Pulau Dutungan.

Pulau Dutungan dikenal sebagai pulau kecil dengan luas sekitar sembilan hektar. Lokasinya berada di Desa Cilelang, Desa Palanro, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Daya tarik wisata Pulau Paro dikembangkan secara profesional, yang sangat nyaman dari segi aksesibilitas baik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan dari luar Sulawesi.

Perjalanan darat menuju Dermaga Pulau Dutungan cukup menantang. Dermaga ini terletak kurang lebih 31 km sebelah utara dari pusat kota Paro. Jika Anda memulai perjalanan dari kota Parepare, berkendaralah ke selatan sejauh 20 km. 

Sedangkan jika Anda berlawanan dari Makassar, perjalanannya pasti akan lebih lama dan lebih melelahkan. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 3 jam mengikuti poros Makassar-Baru yang terjal di berbagai titik. Sebelum mencapai perbatasan antara Kabupaten Barru dan Kota Parepare, ikuti rambu lokasi Pulau Dutungan di sebelah kiri. Setelah menempuh rute 800m, dermaga feri selalu menyambut wisatawan yang ingin menuju ke Pulau Dutungan.

Mengingat jarak antara Kota Makassar dan titik transfer ke Pulau Dutungan, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan mobil pribadi. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan jasa sewa mobil Makassar.

Didukung oleh armada kapal penjelajah standar dan pengemudi berpengalaman, perjalanan Anda ke objek wisata Pulau Dutungan bersama keluarga dan teman-teman dijamin akan lancar dan nyaman.

Saat Anda tiba di Pulau Dutungan, Anda akan disambut dengan pemandangan pantai yang indah. Pulau pasir putih yang ditumbuhi rerumputan, pohon jati dan bakau ini menawarkan pemandangan pantai biru Tosca yang sangat jernih.

Di sini, pengunjung bisa snorkeling dan melihat keindahan terumbu karang dan biota laut setempat. Puas bermain air, jangan lupa menikmati pemandangan eksotis berupa gugusan bebatuan dan karang yang menghiasi bagian barat Pulau Dutungan. Saat air surut Anda dapat menjelajahi gua-gua kecil di antara bebatuan besar.

Meski berukuran kecil, wisata Pulau Dutungan tidak kekurangan fasilitas umum. Di sisi lain, kamar mandi dengan fasilitas air tawar, bale, warung makan dan tempat sampah dibangun di tempat ini. Selain itu, ada juga penginapan bungalow yang bisa Anda sewa dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 250.000 per hari. Anda juga bisa menikmati suasana santai sambil memandang cakrawala dari hammock atau ayunan yang digantung di antara tanaman rambat mangrove di pinggir pantai.

Bagi pecinta kegiatan berkemah, Pulau Dutungan juga cocok sebagai tujuan utama. Setiap wisatawan dapat membangun tenda dengan syarat datang dan membayar biaya inap sebesar Rp 50.000. Jika Anda berkesempatan bermalam, jangan lewatkan aktivitas memancing dan barbeque yang tentunya sangat asik dilakukan di atas bara api di malam hari.

Pulau Dutungan layak disebut sebagai jawara wisata pulau di Sulawesi Selatan. Selain menawarkan suasanan dan alam yang menakjubkan, pulau kecil yang terletak di selatan kota Paribar ini juga menawarkan pengalaman wisata alam dan pantai yang lengkap. Dengan segala keindahan pemandangan dan fasilitas yang lengkap, disarankan untuk mengunjungi Pulau Dutungan saat liburan.

Post a Comment

0 Comments