Ciri-Ciri dan Karakteristik Rotan di Indonesia


Masyarakat Indonesia yang tinggal di sekitar hutan sudah lama menggunakan rotan untuk kebutuhan sehari-hari. Rotan juga merupakan salah satu barang perdagangan hasil hutan non kayu (HHNK) yang sangat penting sebagai penghasil devisa bagi Indonesia. Ada sekitar 50 variasi rotan komersial, sementara sekitar 250 masih dalam penelitian.

Indonesia merupakan negara penghasil kayu rotan terbesar di dunia. Sebagai produk ekspor, rotan Indonesia memenuhi sekitar 80% kebutuhan bahan baku dunia. Artinya rotan memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dalam perdagangan internasional. Artikel berikut akan membahas ciri-ciri dan karakteristik rotan yang ada di Indonesia.

Rotan umumnya digunakan dalam bahan kreasi anyaman, dan kerajinan tangan dan dikenal karena kesan tradisional yang dihasilkannya. Pengrajin harus mengetahui sifat-sifat bahan agar kerajinan yang dibuat sesuai fungsinya dan tidak terjadi kegagalan produksi atau kegagalan produk.

Sama halnya dengan bahan rotan, ada beberapa karakteristik rotan yang perlu diketahui dan dipahami oleh para pengrajin. Sebenarnya rotan memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kayu dan bambu, namun lebih lentur sehingga lebih mudah untuk dijadikan kerajinan tangan.

Ciri-ciri kayu rotan di Indonesia

Indonesia memiliki lebih dari 300 variasi rotan, namun hanya sekitar 51 saja yang dikenal di dunia dan bersifat komersial. Banyak orang mengira rotan sama dengan bambu, padahal kedua tanaman ini memiliki keunikan tersendiri. Di bawah ini adalah ciri-ciri tanaman rotan yang ada di Indonesia sehingga bisa dibedakan dengan bambu.

1. Bagaimana itu tumbuh

Rotan adalah tumbuhan yang tumbuh merambat dari dalam hingga ke permukaan tanah. Batang rotan yang muncul di tanah mulai melilit pepohonan di sekitarnya. Cara budidaya rotan tentu berbeda dengan bambu yang bukan tanaman yang merambat.

2. Batang

Batang rotan berbentuk ramping, berdiameter 2-5 cm, memiliki banyak potongan panjang, dan tidak berlubang. Kurangnya rongga berarti rotan tidak mudah patah seperti batang bambu. Batang rotan bisa panjangnya ratusan meter dan bisa mengeluarkan air saat dipotong.

Batang rotan dilindungi oleh duri yang panjang, tajam, dan keras. Selain berfungsi sebagai alat perlindungan diri, duri ini berguna saat rotan merambat ke pohon di sekitarnya. Bambu, sementara itu, dilindungi oleh lapisan rambut sedang yang lembut yang gatal dan akan rontok ketika tanaman ini tua.

Berikut adalah sifat dan karakteristik rotan :

  • Warna batang bervariasi
  • Tidak semua rotan mengkilat
  • Rotan memiliki bau yang khas.
  • Rotan juga memiliki rasa yang khas.
  • Rotan umumnya lebih ringan saat dibuat furnitur.

Post a Comment

0 Comments