-->

Cara Mengatasi Hp Bootloop dengan Beberapa Metode

Bootloop


Bootloop adalah permasalahan yang seringkali terjadi di ponsel android berupa kegagalan masuk sistem dan hanya bisa menampilkan logo android saja. Ada beberapa cara mengatasi HP bootloop agar perangkat Anda bisa normal kembali. Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Wipe Cache Partition

Pertama, Anda bisa mengatasi bootloop dengan cara wipe cache partition atau wipe data agar hp bisa kembali seperti semula. Namun, cara ini bisa menghapus semua data yang sebelumnya sudah disimpan di ponsel, termasuk foto, musik, dokumen, video, bahkan aplikasi.

Wipe cache partition adalah cara mengatasi bootloop dengan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik. Anda perlu masuk ke menu recovery terlebih dahulu agar bisa masuk ke fitur wipe cache partition android.

Menu recovery tersebut bisa dimanfaatkan ketika ponsel Anda hanya bisa memunculkan logo android saja. Selain itu, recovery dengan cara wipe cache partition juga bisa digunakan ketika Anda lupa PIN atau password HP sampai beberapa kali.

Cara untuk mengaktifkan menu recovery pada setiap ponsel berbeda-beda, tergantung merk HP yang Anda gunakan. Tetapi, hal umum yang pasti diperlukan untuk mengaktifkan recovery agar bisa membuka wipe cache partition adalah tombol power dan volume.

Flashing ROM

Flashing ROM bisa Anda coba ketika ponsel mengalami bootloop setelah restore backup atau pengembalian data. Cara ini akan membantu untuk membersihkan dalvik-cache ponsel secara otomatis, sehingga bisa digantikan dengan yang baru oleh sistem perangkat.

Langkah pertama untuk flashing ROM adalah mematikan ponsel terlebih dahulu, lalu diamkan selama 3 menit. Jika baterai ponsel Anda bisa dibongkar pasang, maka disarankan untuk dilepas. Namun, jika ponsel menggunakan baterai tanam, maka diamkan saja perangkat yang sudah dimatikan total.

Selanjutnya, nyalakan kembali ponsel dan masuklah ke menu recovery sesuai yang disediakan masing-masing perangkat. Lalu, pilih menu advanced yang tersedia direcovery dan lanjutkan klik opsi wipe dalvik cache.

Berikutnya, klik pilihan ‘mounts storage’. Lalu ketuk opsi ‘wipe/cache’. Selanjutnya, ponsel akan mengalami proses reboot. Cara mengatasi HP bootloop satu ini sebenarnya cukup mudah, hanya saja Anda perlu mengingat apa saja opsi yang harus dipilih.

Restart HP

Ide berikutnya untuk mengatasi ponsel android yang bootloop adalah melakukan restart HP. Langkah ini dianggap sebagai cara yang paling sederhana karena Anda tidak harus menggunakan fitur tertentu. Namun, tetap pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan hp bootloop.

Soft restart HP sederhana bisa dilakukan dengan langsung mematikan ponsel secara total. Lalu, lepas baterai ponsel jika memungkinkan, namun tetap disesuaikan dengan sistem ponsel. Selanjutnya, diamkan HP selama kurang lebih 5 menit.

Langkah berikutnya, pasang baterai kembali dan mulai nyalakan ponsel untuk melihat apakah bootloop sudah bisa teratasi. Untuk permasalahan bootloop yang ringan, restart HP saja sudah cukup untuk menghilangkan bug.

Factory Reset

Cara terakhir untuk mengatasi bootloop ponsel, yaitu melakukan factory reset atau mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik. Namun, resikonya adalah data yang sudah tersimpan akan hilang dan baterai akan kembali ke pengaturan awal seperti saat pertama digunakan.

Pastikan bahwa baterai HP minimal 70% karena proses factory reset ini memerlukan banyak daya. Selanjutnya, matikan HP secara total dan diamkan sebentar. Lalu, nyalakan HP dengan cara menekan tombol home, volume, dan power secara bersamaan hingga muncul recovery mode.

Cara mengatasi HP bootloop berikutnya dengan langkah ini, yaitu klik factory reset. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu proses reboot selesai dan ponsel bisa digunakan kembali.