-->

Cara Membuat Baterai HP Tahan Lama Paling Efektif

Baterai HP


Menjaga baterai HP agar tahan lama merupakan hal penting, apalagi Anda akan beraktivitas seharian penuh dan banyak menggunakan perangkat tersebut. Lalu, bagaimana
cara membuat baterai HP tahan lama? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Menonaktifkan Aplikasi Bawaan dan Fitur Otomatis

Cara pertama, Anda bisa menonaktifkan aplikasi bawaan dan fitur otomatis yang pasti disediakan di ponsel. Hal ini karena ketika Anda mengaktifkan aplikasi bawaan dan fitur otomatis kinerja ponsel akan menjadi berat. Baterai HP pun akan cepat terkuras karena banyak fitur yang menyala bersamaan.

Fitur bawaan ponsel, seperti brightness, location, dan wakelocks membutuhkan daya yang besar ketika dinyalakan. Semua fitur otomatis yang ada pada ponsel akan terkoneksi secara langsung, sehingga ketika salah satu diaktifkan, maka lainnya akan ikut menyala.

Sedangkan aplikasi bawaan ponsel biasanya juga cenderung lebih berat untuk dioperasikan, sehingga bisa membuat baterai cepat habis. Oleh sebab itu, disarankan untuk menonaktifkan fitur otomatis dan aplikasi bawaan ketika tidak terlalu mendesak agar baterai hp lebih awet.

Menggunakan Power Saving Mode

Berikutnya, Anda bisa menggunakan fitur saving mode yang sudah disediakan di setiap ponsel, terutama android. Power aving mode ini dikhususkan untuk menghemat baterai ponsel, namun dengan cara membatasi kinerja fitur bawaan lainnya.

Ketika Anda mengaktifkan fitur power saving mode, maka hal yang bisa langsung dirasakan adalah kecerahan layar berkurang. Selanjutnya fitur location juga akan dinonaktifkan agar bisa mengurangi penggunaan baterai ponsel.

Anda tidak perlu khawatir karena ponsel tetap bisa digunakan dengan optimal, sebab hanya fitur otomatis saja yang dibatasi. Namun, ketika Anda mengaktifkan saving mode di luar ruangan, disarankan untuk mengatur kembali kecerahan layar ponsel agar tampilannya bisa dilihat jelas.

Tidak Sembarangan Menginstal Aplikasi

Cara membuat baterai HP Tahan lama berikutnya adalah tidak sembarangan menginstal aplikasi tambahan. Disarankan untuk menginstal aplikasi sesuai dengan keperluan saja, sebab selain bisa menghemat RAM juga efektif untuk menjaga baterai agar tahan lama.

Batasi instal aplikasi apalagi yang memerlukan koneksi internet karena akan membuat ponsel bekerja terus menerus, sehingga cepat drop. Di samping itu, ada juga aplikasi yang membutuhkan daya besar, sehingga Anda harus lebih berhati-hati memilihnya.

Selain harus cermat dalam menginstal aplikasi, Anda juga harus bijak dalam menggunakannya agar tidak hemat baterai. Nonaktifkan background aplikasi melalui pengaturan ponsel jika software ini tidak terlalu digunakan. Di samping itu, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan aplikasi games.

Memperbarui Sistem Ponsel

Sistem ponsel ternyata juga mempengaruhi kinerja baterai pada perangkat, sehingga perlu ditingkatkan demi meningkatkan penggunaan resource. Sistem ponsel yang baru biasanya sudah dilengkapi optimasi untuk membuat baterai HP lebih tahan lama.

Ketika terjadi pembaruan sistem, Anda bisa langsung menginstalnya untuk meningkatkan fitur hemat baterai. Ponsel akan memberikan notifikasi ketika terjadi pembaharuan sistem dan sebaiknya langsung Anda ikuti.

Tujuan dari segera memperbarui sistem adalah agar Anda tidak terus mendapatkan notifikasi upgrade perangkat. Hal ini karena fitur pengingat tersebut juga bisa membuat baterai ponsel lebih cepat habis.

Membersihkan Cache

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai ponsel, yakni rajin membersihkan cache aplikasi. Anda bisa melakukan pembersihan cache melalui menu pengaturan atau manajemen file di folder penyimpanan.

Bersihkan cache aplikasi yang sudah menumpuk, foto, video, dan dokumen yang tidak digunakan. Cara membuat baterai HP tahan lama yang satu ini terbilang efektif karena ketika cache sudah dibersihkan, maka kinerja ponsel lebih ringan dan hemat daya.